Persiapan Penerbitan Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea Vol.I

Posted on Aug 30,2012 , No Comments , 3,376 views

Terbitan Perdana Jurnal Wallacea sudah diambang pintu, tepatnya pada hari Senin, tanggal 27 Agustus 2012 di ruang rapat Kabalai, Dewan Redaksi dan Mitra Bestari serta Sekretariat Redaksi duduk bersama membahas rencana penerbitan Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea volume 1 yang rencananya akan terbit dalam bulan Agustus 2012 ini.

Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea direncanakan akan diterbitkan 2 kali dalam setahun dan 2 tahun kedepan (minimal 4 kali terbitan)  akan diajukan untuk akreditasi sebagaimana yang dipersyaratkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Kepala Balai mengaharapkan dewan redaksi dan mitra bestari agar memperhatikan unsur substansi materi tulisan  pada setiap terbitan karena hal ini sangat mempengaruhi nilai akreditasi suatu majalah ilmiah.

Dewan redaksi menjadi saringan awal terhadap sustansi suatu naskah apakah layak diproses lebih lanjut atau tidak, jika layak diproses maka dewan redaksi akan merekomendasikan kepada mitra bestari untuk melakukan review terhadap tulisan tersebut.  Untuk kelancaran terbitan diharapkan dewan redaksi memperhatikan tata waktu yang sudah disepakati dan hasil koreksian yang diberikan harus diperjelas mengenai apa yang harus diperbaiki agar tidak membingungkan para penulis.

Prof. Baharuddin Nurkin salah seorang anggota mitra bestari Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea menyampaikan bahwa ada beberapa pokok substansi yang harus diperhatikan dalam penulisan sebuah karya ilmiah yakni ;

  1. Keaslian dari tulisan (originalitas)
  2. Latar belakang harus jelas
  3. Metodelogi yang ditunjang daftar pustaka yang mutakhir
  4. Analisis yang mendalam
  5. Kesimpulan yang bersifat spesifik dan lebih relevan serta tidak terlalu umum (memiliki benang merah dengan isi tulisan)

Pada kesempatan yang sama para dewan redaksi dan mitra bestari menyampaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi selama pemeriksaan naskah untuk terbitan vol 1 No.1

Dr. Hasnawir selaku ketua dewan redaksi menyatakan bahwa secara umum penilaian 6 naskah untuk vol pertama sudah rampung dan siap untuk naik cetak.

Vol. 1 direncanakan memuat 6 tulisan masing-masing :

1. Vegetasi Kunci Habitat Anoa di  Cagar Alam Pangi Binangga, Sulawesi Tengah oleh Wardah dkk

2. Pertumbuhan Semai Cendana (Santalum album Linn.) pada Beberapa Ukuran Kantung Plastik  di  Daerah  Semiarid oleh I Komang Surata

3. Efektivitas Nira Aren Sebagai Bahan Pengembang Adonan Roti oleh Mody Lempang dan Albert D Mangopang

4. Strategi Pengelolaan Pegunungan Jawa : Studi Kasus Pegunungan Dieng Jawa Tengah, Indonesia  oleh Nur Sumedi dkk

5. Sistem Perakaran Bidara Laut (Strychnos lucida R.Br.) untuk Pengendalian Tanah Longsor oleh Ogi Setiawan dan Budi Hadi Narendra

6.  Intensitas Curah Hujan Memicu Tanah Longsor Dangkal  di Sulawesi Selatan  oleh Hasnawir

Artikel Lainnya

No Responses to “Persiapan Penerbitan Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea Vol.I”

Name:
(Harus diisi)
Email:
(Harus diisi)
Website:
(Optional)
Comment:

Silahkan centang disini untuk mengirimkan komentar.

Forest Asia Summit 2014

Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea

Undangan Menulis

Kalender Kegiatan


« September 2014 »
Mo Tu We Th Fr Sa Su
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30          

Info Balithut Makassar

Gallery

			balithutmakassar posted a photo:				balithutmakassar posted a photo:				balithutmakassar posted a photo:				balithutmakassar posted a photo:				balithutmakassar posted a photo:				balithutmakassar posted a photo: